Sejarah Penemuan Dan Perkembangan Mobil

Sejarah Penemuan Dan Perkembangan Mobil

Sejarah. MOBIL (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movére’ (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.

Bila yang dimaksud mobil seperti sekarang ini, cukup sulit untuk menentukan siapa penemunya. Mobil sebenarnya terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan dikembangkan secara bertahap. Meski demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J. Cugnot adalah orang pertama kali yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769.
Gambar ini adalah gambar dimana, kendaraan hasil ciptaan Nicolaus J. Cugnot sedang menabrak tembok. Dan kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan mobil pertama di dunia

Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784.



Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya karena sering kali meledak.

Sejak pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. pada tahun 1860, Jean Joseph E. Lenoir, dari Perancis, berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer. Mesin ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah, kemudian dinyalakan dengan suatu pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% tetapi mampu menghasilkan daya sampai 6DK.
Kemudian pada 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembang mobil-mobil berikutnya. Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikkan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap.



Gottlieb Daimler(kiri) dan karl Benz

Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876


Pada 1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai untuk memindahkan tenaga mesin ke roda. Tiga tahun sebelumnya, Renault juga menciptakan mesin berpendingin air. Pada 1911, Cadillac Automobile Co., berhasil menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan dan aki sebagai ganti starter engkol. Pada tahun 1922, ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan pertama kali.

Mobil "Velo" Karl Benz (1894).

Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.


Ford Model T adalah salah satu mobil pertama yang harganya terjangkau konsumen (1927).

Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga

 Asal Usul Sejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia dan Perkembanngannnya
at 06.47
Sejarah Mobil - Kata mobil merupakan kependekan dari automobil yang berasal dari bahasa Yunani yaitu "autos" yang berarti sendiri dan bahasa latin "movere" yang artinya bergerak. Awal mula ditemukannya mobil merupakan proses yang cukup panjang karena mobil sendiri merupakan sebuah kendaraan yang terdiri berbagai komponen yang mendukung pengoperasiannya.

Pada tahun 1769 seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis yaitu Nicolas J. Cugnot menciptakan sebuah kendaraan 3 roda dengan badan yang cukup besar dan digerakkan oleh mesin uap. Pada saat itu Cugnot membuat kendaraan ini untuk keperluan mengangkut meriam dalam medan perang. Hasil ciptaannya ini belum dapat dikatakan sempurna karena masih sangat sederhana, sehingga pernah mengalami beberapa kali kecelakaan.

Sejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia

Dari kendaraan pertama buatan Cugnot tersebut, membuat insinyur lain tertarik dan mengikuti jejaknya. Seperti yang dilakukan oleh William Murdock yang melakukan kerja sama dengan James Watt dari Inggris dalam menciptakan kendaraan sejenis bermesin uap pada tahun 1784. Lalu ada juga beberapa ilmuwan lain yang menciptakan kendaraan sejenis bermesin uap seperti Richard Trevitchik, Sir G. Gurnay yang pada tahun 1830 kendaraan ciptaannya mampu melaju dengan kecepatan 20 km/jam. Hingga menjelang akhir abad 19 kendaraan bermesin uap terus bermunculan, walaupun mesin yang digunakan tersebut sering sekali mengalami masalah karena meledak. Selain itu mesin ini mempunyai suara yang lebih senyap dan tidak menghasilkan asap tebal yang sangat mengganggu seperti

Memasuki pertengahan abda ke 19 perkembangan mobil mulai berkembang pesat, saat itu para ilmuwan mulai merancang konsep kendaraan dengan mesin berbahan bakar lainnya. Di tahun 1860 seorang insinyur Perancis yaitu Joseph E. Lenoir berhasil membuat sebuah mesin dengan bahan bakar campuran antara batu bara dan gas serta udara atmosfer. Mesin tersebut bekerja tanpa kompresi, dimana cara kerjanya yaitu campuran bahan bakar dan udara ini dimasukkan ke dalam sebuah tabung pada saat torak berada di posisi setengah langkah, lalu dinyalakanlah api yang berasal dari sebuah pemantik yang berfungsi sebagai busi pada mobil sekarang, sehingga tekanan dalam tabung tersebut naik dan mendorong torak hingga akhir langkahnya dan mengeluarkan gas hasil pembakaran keluar tabung. Mesin ini berhasil membuat efisiensi sebesar 5 persen dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 6 dk.

Selanjutnya pada tahun 1885 Karl Benz bersama Gottieb Daimler berhasil menciptakan sebuah mobil dengan mesin yang menggunakan sistem pembakaran di dalam. Walaupun tidak menggunakan sistem kopling untuk mentransfer tenaga dari mesin ke bagian rodanya sehingga mobil tersebut masih mengalami kesulitan ketika hendak melaju pertama kalinya, namun kendaraan ini telah menjadi model dasar yang lebih sempurna untuk perkembangan mobil berikutnya. Saat itu dengan mesin yang sistem pembakarannya di dalam lebih banyak diminati karena tidak ada percikan api yang keluar yang sering menyebabkan mesin meledak seperti pada mesin uap. Selain itu mesin ini juga memiliki suara yang lebih senyap dan tidak mengeluarkan asap tebal yang mengganggu seperti yang dihasilkan mesin uap.

Mobil Pertama Yang Diciptakan di Dunia

Setahun setelah itu berbagai penemuan baru pun mulai diterapkan untuk menyempurnakan kinerja mesin yang sudah ada tersebut. Pada tahun 1886 juga Eagen dan Nicolaus A. Otto berhasil mengembangkan sebuah mesin yang sama dengan yang dibuat oleh Joseph E. Lenoir namun dengan efisiensi yang lebih meningkat yaitu sebesar 11 persen. Dan mesin ini dikenal dengan mesin yang mempunyai sistem pembakaran 4 langkah yang kemudian dipatenkan pada tahun 1896.

Perkembangan penting dari mobil selanjutnya yaitu ketika pada tahun 1890 Frank Duryea dan Charles E. yang berasal dari negara Amerika Serikat berhasil menciptakan mobil pertama yang menggunakan mesin bensin. Lalu diikuti oleh penemuan Louis Renault pada tahun 1898 atas batang penggerak sebagai pengganti rantai yang selama itu dipakai untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Kemudian pada tahun 1911 perusahaan Cadillac Automobile berhasil menciptakan starter listrik yang digunakan untuk menghidupkan mesin mobil, selain itu juga pengapian listrik dengan kumparan dan aki sebagai pengganti starter manual. Lalu penggunaan ban karet yang berisi udara untuk roda mobil juga mulai diterapkan pertama kali pada tahun 1922 sebagai pengganti ban mati pada mobil-mobil sebelumnya.

Pada tahun 1930 teknologi baru yang mendukung fitur-fitur dalam mobil telah banyak diciptakan seperti penggunaan penggerak roda depan yang diciptakan kembali oleh Andre Citroen yang sebelumnya juga sudah pernah dipakai oleh Alvis dan Cord dalam mobil balap yang digunakan oleh Miller. Pada tahun 60an teknologi mobil terus berkembang seiring dengan perkembangan industri elektronik yang menyebabkan barang-barang elektronik berharga murah.

Hingga saat ini perkembangan inovasi dan teknologi baru pada kendaraan beroda empat ini memang tidak pernah ada habisnya, semua pabrik dengan para insinyur kawakannya terus melakukan penelitian dan uji coba dalam menciptakan sebuah mobil yang dapat menunjang kebutuhan alat transportasi yang aman, nyaman, hemat bahan bakar, berteknologi tinggi dan ramah terhadap lingkungan. Semua itu akan menjadi catatan sejarah perkembangan mobil yang sangat penting untuk anak cucu kita di masa yang akan datang, oleh karena itu kewajiban kitalah yang berada di generasi sekarang untuk terus melestarikan sejarah ini hingga sampai ke generasi masa depan nanti

Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali adalah seseorang yang berasal dari Negara Perancis pada tahun 1879 tidak lain lagi yaitu Nicolas Joseph Cugnot. Perkembangan mobil di dunia telah berkembang pesat pada jaman yang telah moderen ini, dari mobil yang berbahan bakar bensin, mobil dengan tenaga listrik, mobil menggunakan tenaga panas dan cahaya matahari atau tenaga surya. Begitu pula bentuk dari mobil itu sendiri, dengan berbagai model serta variasi exterior yang mewah dan interior yang elegan. Kecanggihan kelistrikan untuk perangkatnya pun ada yang sudah dibikin dengan setelan komputerisasi. Hingga tidak heran lagi harga mobil saat ini hingga ratusan miliar rupiah.
Sejarah Ditemukan Mobil di Dunia Pertama Kali

Sejarah Ditemukan Mobil Di Dunia Pertama Kali - Benz Patent MotorwagenMobil yang ditemukan petama kali di dunia adalah mobil dengan tenaga uap pada tahun 1801 yang dikembangkan oleh Cugnot. Inspirasi pengembangan mobil pertama kali ini oleh Cugnot adalah dari sebuah kereta kuda yang dilengkapi dengan ban.  Seiring dengan waktu akhirnya sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali ini dilanjutkan oleh seorang warga Britania yang bernama Richard Trevithick. Dan akhirnya mobil dengan tenaga uap mengalami perkembangan lebih pesat lagi ketika diteruskan lagi di Brimingham, Inggris oleh Lunar Society.

Sejarah Ditemukan Mobil Di Dunia Pertama Kali - Carl Friedrich Benz MesinNamun pada tahun 1886, sorang warga Negara Jerman mempunyai pengembangan mobil dengan bahan bakar bensin. Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan bahan bakar bensin ini bernama Carl Benz.  Sedangkan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin ini pada waktu yang hampir bersamaan. Pada tahun 1879, Carl Benz menyelesaikan penemuannya tersebut dan menjadi sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali yang dipatenkannya.

Sebuah penemuan baru lagi yaitu mobil dengan model mesin dua stroke akhirnya dipatenkan kepada George B. Selden pada tahun 1895, Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan model mesin yang spektakuler juga sempat menjadi sebuah terobosan bagi Berta Benz pada tahun 1888.  Dalam jangka waktu beberapa tahun, akhirnya beberapa model dan tipe mobil yaitu tenaga uap, listrik dan bensin ini pada tahun tersebut mengalami persaingan. Diproduksinya mobil dengan skala besar dan harga terjangkau pada jaman tersebut, tahun 1902 oleh Oldsmobil menjadi berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1910 lebih dikembangkan lagi besar-besaran oleh Henry Ford

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Sejarah Penemuan Dan Perkembangan Mobil"

  1. PERMAINAN KARTU TERBAIK BERSAMA BANDAR RESMI DAN TERPERCAYA DEWAKIUKIU(dot)NET
    POKER DOMINO99 BANDARQ CAPSA SUSUN DUQ & BANDAR POKER DALAM 1 USER ID
    MAU JADI KAYEH GAN???^.^
    DISINI AJEH,GAK PERLU WAKTU LAME JADI KAYEH
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * TRANSAKSI DANA SUPER CEPAT & AMAN
    * PERMAINAN FAIR PLAYER VS PLAYER 100%
    * DAPAT DI MAINKAN DENGAN HAPE ANDROID DAN IOS
    * MEMBERIKAN BONUS CASHBACK MINGGUAN & SEUMUR HIDUP
    PERMAINAN KARTU ONLINE TERBAIK DAN TERBESAR BERSAMA AGEN BANDAR RESMI DEWAKIUKIU(dot)NET POKER-DOMINOQQ-BANDARQ-CAPSASUSUN-ADUQ BANDARPOKER DALAM 1 USER ID
    DAN JADILAH DEWA BESAR HANYA DISINI
    KEUNTUNGAN BERMAIN BERSAMA DEWAKIUKIU(dot)Net
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * DEPOSIT&WITHDRAW SUPER CEPAT & TERJAMIN
    * PERMAINAN FAIR PLAY, MEMBER VS MEMBER ( NO BOT )
    * BISA BERMAIN MELALUI HP ANDROID DAN IOS
    * BONUS ROLINGAN TERBESAR
    * BONUS REFERALL SEUMUR HIDUP
    * MINIMAL DEPO&WD RP.20.000
    BANK AKTF
    BNI-BRI-BCA-MANDIRI-DANAMON
    BBM: 33428C8D
    WA :+855962762654

    BalasHapus
  2. PERMAINAN KARTU TERBAIK BERSAMA BANDAR RESMI DAN TERPERCAYA DEWAKIUKIU(dot)NET
    POKER DOMINO99 BANDARQ CAPSA SUSUN DUQ & BANDAR POKER DALAM 1 USER ID
    MAU JADI KAYEH GAN???^.^
    DISINI AJEH,GAK PERLU WAKTU LAME JADI KAYEH
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * TRANSAKSI DANA SUPER CEPAT & AMAN
    * PERMAINAN FAIR PLAYER VS PLAYER 100%
    * DAPAT DI MAINKAN DENGAN HAPE ANDROID DAN IOS
    * MEMBERIKAN BONUS CASHBACK MINGGUAN & SEUMUR HIDUP
    PERMAINAN KARTU ONLINE TERBAIK DAN TERBESAR BERSAMA AGEN BANDAR RESMI DEWAKIUKIU(dot)NET POKER-DOMINOQQ-BANDARQ-CAPSASUSUN-ADUQ BANDARPOKER DALAM 1 USER ID
    DAN JADILAH DEWA BESAR HANYA DISINI
    KEUNTUNGAN BERMAIN BERSAMA DEWAKIUKIU(dot)Net
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * DEPOSIT&WITHDRAW SUPER CEPAT & TERJAMIN
    * PERMAINAN FAIR PLAY, MEMBER VS MEMBER ( NO BOT )
    * BISA BERMAIN MELALUI HP ANDROID DAN IOS
    * BONUS ROLINGAN TERBESAR
    * BONUS REFERALL SEUMUR HIDUP
    * MINIMAL DEPO&WD RP.20.000
    BANK AKTF
    BNI-BRI-BCA-MANDIRI-DANAMON
    BBM: 33428C8D
    WA :+855962762654

    BalasHapus
  3. PERMAINAN KARTU TERBAIK BERSAMA BANDAR RESMI DAN TERPERCAYA DEWAKIUKIU(dot)NET
    POKER DOMINO99 BANDARQ CAPSA SUSUN DUQ & BANDAR POKER DALAM 1 USER ID
    MAU JADI KAYEH GAN???^.^
    DISINI AJEH,GAK PERLU WAKTU LAME JADI KAYEH
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * TRANSAKSI DANA SUPER CEPAT & AMAN
    * PERMAINAN FAIR PLAYER VS PLAYER 100%
    * DAPAT DI MAINKAN DENGAN HAPE ANDROID DAN IOS
    * MEMBERIKAN BONUS CASHBACK MINGGUAN & SEUMUR HIDUP
    PERMAINAN KARTU ONLINE TERBAIK DAN TERBESAR BERSAMA AGEN BANDAR RESMI DEWAKIUKIU(dot)NET POKER-DOMINOQQ-BANDARQ-CAPSASUSUN-ADUQ BANDARPOKER DALAM 1 USER ID
    DAN JADILAH DEWA BESAR HANYA DISINI
    KEUNTUNGAN BERMAIN BERSAMA DEWAKIUKIU(dot)Net
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * DEPOSIT&WITHDRAW SUPER CEPAT & TERJAMIN
    * PERMAINAN FAIR PLAY, MEMBER VS MEMBER ( NO BOT )
    * BISA BERMAIN MELALUI HP ANDROID DAN IOS
    * BONUS ROLINGAN TERBESAR
    * BONUS REFERALL SEUMUR HIDUP
    * MINIMAL DEPO&WD RP.20.000
    BANK AKTF
    BNI-BRI-BCA-MANDIRI-DANAMON
    BBM: 33428C8D
    WA :+855962762654

    BalasHapus
  4. BOLAVITA SITUS JUDI ONLINE
    TERPERCAYA

    WELCOME NEW MEMBER BONUS 10%
    SPORTBOOK, LIVE CASINO, TOGEL, TANGKAS, SABUNG AYAM, TEMBAK IKAN

    Anda Bisa Bermain berbagai macam permainan
    Selain itu kami juga menawarkan bonus menarik :

    NEW MEMBER BONUS SPORTBOOK 10% hingga Rp 5.000.000,-
    NEW MEMBER BONUS LIVE KASINO 10% hingga Rp 5.000.000,-
    NEW MEMBER TEMBAK IKAN 10% hingga Rp 5.000.000,-
    NEW MEMBER SABUNG AYAM 10% hingga Rp 5.000.000,-
    NEW MEMBER TANGKAS GAME 10% hingga Rp 5.000.000,-
    ROLLINGAN KASINO LIVE ( BONUS RELOAD 1% )
    BONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTS HINGGA 10%
    POTONGAN TOGEL ONLINE KLIK4D DAN ISINLIVE FULL
    BONUS REFERENSI KAWAN 7%

    Dan masih banyak lagi bonus-bonus lainnya yang bisa anda dapatkan.

    Tunggu Apalagi Langsung Daftar & Bermain bersama kami
    Untuk Informasi lebih lanjut silahkan Hubungi Customer Service kami :

    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Berlaku syarat dan ketentuan umum promosi BOLAVITA

    BalasHapus
  5. Agen B-o-l-a-v-i-t-a Terus Berinovasi Untuk Memberikan Kemudahan Kepada Member Setia Bo-l-a-v-i-t-a, Dengan Sebuah Terobosan Baru Sekarang B o l a v i t a Bekerja Sama Dengan OVOpay Indonesia Agar Para Member Setia B o l a v i ta Tetap Bisa Melakukan Deposit Tanpa Harus Pergi Jauh" ke Mesin ATM, Dapat Bertransaksi Meskipun Jam Offline.. Jenis Game !!
    • Bola
    • Sabung Ayam • Togel Online • Tangkas • Casino
    • Tembak Ikan
    • Poker
    • SLOT (Play1628)
    • WM Casino

    BBM: B o l a v i t a
    WA: +62 8 1 2-2 2 2 2-9 9 5

    BalasHapus